Minggu, 08 Januari 2023

Dukungan Kelompok

 

Dukungan Kelompok                                                                                                          l.09258 Hal-24

Definisi

Memfasilitasi peningkatan kemampuan penyelesaian masalah dan perasaan didukung oleh kelompok individu dengan pengalaman dan masalah yang sama sehingga lebih memahami situasi masing-masing.

Tidakan

Observasi

- Identifikasi masalah yang sebenamya dialami kelompok

- Identifikasi kelompok memiliki masalah yang sama

- Identifikasi hambatan menghadiri sesi kelompok (mis, stigma, cemas, tidak aman)

- Identifikasi aturan dan norma yang perlu dimodifikasi pada sesi selanjutnya, jika per

Terapeutik

- Siapkan lingkungan terapeutik dan rileks

- Bentuk kelompok dengan pengalaman dan masalah yang sa

- Mulai sesi kelompok dengan mengenalkan semua anggota kelompok den terap

- Mulai dengan percakapan ringan, berbagi informasi tentang din masing-masing dan alesan terlibat dalam kelompok

- Buat aturan dan norma dalam kelompok dalam kelompok, terutama karahasan dalam kelompok

- Sepakati jumlah sesi yang diperlukan dalam kelompok

- Bangun rasa tanggung jawab dalam kelompok

- Diskusikan penyelesaian masalah dalam kelompok

- Berikan kesempatan individu untuk berhenti sejenak saat merasa distress akibat topik tertentu sampai mampu berpartisipasi kemball

- Berikan kesempatan istirahat di setiap sesi untuk memfasilitasi percakapan individual dalam kelompok

- Berikan kesempatan saling mendukung dalam kelompok terkait masalah dan penyelesaian masalah

- Berkan kesempatan kelompok menyimpulkan masalah, penyelesaian masalah dan dukungan yang diperlukan untuk setiap anggota kelompok

- Hindarkan percakapan ofensif, tidak sensitif, seksual atau humor yang tidak perluftidak pada tempatnya

- Sediakan media untuk kebutuhan berkomunikasi di luar kelompok (mis. email, telepon, SMS, WA)

- Lakukan refleksi manfaat dukungan kelompok pada setiap awal dan akhir pertemuan

 - Akhiri kegiatan sesuai sesi yang disepakati

Edukasi

- Anjurkan anggota kelompok mendengarkan dan memberi dukungan saat mendiskusikan masalah dan perasaan

- Anjurkan bersikap jujur dalam menceritakan perasaan dan masalah

- Anjurkan setiap anggota kelompok mengemukakan ketidakpuasan, keluhan, kritik dalam kelompok dengan cara santun

- Anjurkan kelompok untuk menuntaskan ketidakpuasan, keluhan dan kritik

- Ajarkan relaksasi pada setiap sesi, jika perlu

 

Referensi

Anderson & McFarlane. (2011). Community As Partner. Theory and Practice in Nursing. Philadelphic: Wolters Kluwer Health/Lippincott William & Wilkins.

Bergin, R.J., Grogan, S.M., Bernshaw, D. Juraskova, I., Penberthy, S., Mileshkin, LR., Krishnasamy, M., Hocking, A.C., Aranda, S.K., Schofield, P.E. (2016). Developing an Evidence-Based, Nurse-Led Psychoeducational Intervention With Peer Support in Gynecologic Oncology. Cancer Nurs, 39(2) 19-30.

Castelein, S., Mulder, P.J., Bruggeman, R. (2008). Gulded peer support groups for schizophrenia: a nursing . intervention. Psychiatr Serv, 59(3), 326. doi: 10.1176/appi.ps.59.3.326.

Creating peer support groups in mental health and related areas - WHO QualityRights training to act, unite and empower for mental health (pilot version). Geneva: World Health Parry M, Watt-Watson J. (2010). Peer support intervention trials for individuals with heart disease: a systematic (WHO/MSD/MHP/17.13). Licence: CC BY-NC-SA 3.0 IGO.

Parry M. Watt-Watson J. (2010). Peer support intervention trials for individuals with heart disease. A systematic review. Eur J Cardiovasc Nurs, 9(1, 57-67.

Stanhope, M. & Lancaster, J. (2012). Public Health Nursing: Population-Centered Health Care in the Community (8th ed). Elsevier Science Health Science Devision.