Terapi Bermain l.10346 Hal-420
Definisi
Menggunakan
mainan atau media untuk memfasilitasi anak dalam mengkornunikasikan persepsi,
pengetahuan can penguasaan anak terhadap lingkungannya
Tindakan
Observasi
- Identifikasi
perasaan anak yang diungkapkan selama bermain
- Monitor penggunaan
peralatan bermain anak
- Monitor respons anak
terhadap terapi
- Monitor tingkat
kecemasan anak selama terapi
Terapeutik
- Ciptakan lingkungan
yang aman dan nyaman
- Sediakan waktu yang
cukup untuk memungkinkan sesi bermain efektif
- Atur sesi bermain
untuk memfasilitasi hasil yang diinginkan
- Tetapkan batasan
untuk sesi latihan terapeutik
- Sediakan peralatan
bermain yang aman, sesuai, kreatif, tepa guna, peralatan yang merangsang
perkembangan anak, yang dapat mendorong ekspresi pengetahuan dan perasaan anak
- Motivasi anak untuk
berbagi perasaan, pengetahuan, dan persepsi
- Komunikasikan
penerimaan perasaan, baik positif maupun negatif, yang diungkapkan melalui
permainan
- Lanjutkan sesi
bermain secara teratur untuk membangun kepercayaan dan mengurangi rasa takut
akan peralatan atau perawatan yang tidak dikenal
- Dokumentasikan
pengamatan yang dilakukan selama sesi bermain
Edukasi
- Jelaskan tujuan
bermain bagi anak dan orang tua
- Jelaskan prosedur
bermain kepada anak dan/atau orang tua dengan bahasa yang mudah dipahami
Referensi
Berman A.
Snyder 5 & Fradsen, G (2016) Kozer & Erb's Fundamentals of Nursing (10th
ed) USA Pearson Education
Hockenberry
Martyn J. Wilson, David (2014) Wong's Nursing Care of Infants and Chidren,
Elsevier Heath Sciences
Linquist, R.
Snyder, M. & Tracy MF (2014) Complementary Atemative Therapes in Nursing (7th
ed) New York: Springer Publishing Company, Inc
Teksoz, Bigin,
Madzwamuse et al (2017). The impact of a creative play intervention on
satisfaction with nursing care Amixed methods study Journal of Specialist in
Pediatric Nursing, 22. 1 DOI 10.1111/jpn 12169
Wilkinson, J.
M. Treas, L. 5. Bamett K. & Smeh, M. H (2016) Fundamentals of Nursing (3ed)
Philadelphia FA Davis Company