Selasa, 27 Desember 2022

Promosi Proses Efektif Keluarga

 

Promosi Proses Efektif Keluarga                                                                                       I.13496 Hal-383

Definisi

Melakukan tindakan untuk mempertahankan dan meningkatkan proses dalam keluarga.

Tindakan

Observasi

- Identifikasi tipe proses keluarga

- Identiikasi masalah atau gangguan dalam proses keluarga

- Identifikasi kebutuhan perawatan mandiri di rumah untuk klien dan tetap beradaptasi dengan pola hidup keluarga

Terapeutik

- Pertahankan interaksi yang berkelanjutan dengan anggota keluarga

- Motivasi anggota keluarga untuk melakukan aktivitas bersama seperti makan berrsama,diskusi bersama keluarga

- Fasilitasi anggota keluarga melakukan kunjungan rumah sakit

- Susun jadwal aktivitas perawatan mandiri di rumah untuk mengurangi gangguan rutinitas keluarga

Edukasi

- Jelaskan strategi mengembalikan kehidupan keluarga yang normal kepada anggota keluarga

- Diskusikan dukungan sosial dari sekitar keluarga

- Latih keluarga manajemen waktu jika perawatan di rumah dibutuhkan

 

Referensi

Abdollahzadeh, N., & Samani, S. (2010). The family processes, family content and adolescence emotional https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.174 https://doi.org/10.1016/j.infsof.2016.01.007 problems. Procedia Social and Behavioral Sciences, 5, 733-737.

Ayora, C., Torres, V., de la Vara, J. L., & Pelechano, V. (2016). Variability management in process familles through change patterns. Information and Software Technology, 74, 86-104.

Li, M., Johnson, S. B., Muscl, R. J., & Riley, A. W. (2017). Perceived neighborhood quality, family processes, and trajectories of child and adolescent externalizing behaviors in the United States. Social Science & Medicine, 192, 152-161. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2017.07.027

Yeung, J. W. K., Chen, H.-F., Lo, H. H. M., & Choi, A. W. M. (2017). Relative Effects of Parenting Practices on Child Development in the Context of Family Processes. Revista de Psicodidáctica (English Ed.), 22(2). 102-110. https://doi.org/10.1016/j.psicoe.2017.05.003.