Promosi Kesadaran Diri I.09311 Hal-370
Definisi
Meningkatkan
pemahaman dan mengeksplorasi pikiran, perasaan, motivasi, dan perilaku
Tindakan
Observasi
- Identifikasi keadaan emosional saat ini
- Identifikasi respons yang ditunjukkan berbagai
situasi
Terapeutik
- Diskusikan nilai-nilai yang berkontribusi terhadap
konsep diri
- Diskusikan tentang pikiran, perilaku atau
respons terhadap kondidi
- Diskusikan dampak penyakit pada konsep diri
- Ungkapkan penyangkalan tentang kenyataan
- Motivasi dalam meningkatkan kemampuan belajar
Edukasi
- Anjurkan mengenali pikiran dan perasaan tentang
diri
- Anjurkan menyadari bahwa setiap orang unik
- Anjurkan mengungkapkan perasaan (mis. marah
atau depresi)
- Anjurkan meminta bantuan orang lain, sesuai
kebutuhan
- Anjurkan mengubah pandangan diri sebagai korban
- Anjurkan mengidentifikasi perasaan bersalah
- Anjurkan mengidentifikasi situasi yang memicu
kecemasan
- Anjurkan mengevaluasi kembali persepsi negatif
tentang diri
- Anjurkan dalam mengekspresikan diri dengan
kelompok sebaya
- Ajarkan cara membuat prioritas hidup
- Latih kemampuan positif diri yang dimiliki
Referensi
Boyd, M.
A. (2011). Psychiatric Nursing: Contemporary Practice (5th ed.). Philadelphia:
Lippincott Williams & Wilkins.
Fauth,
J., & Williams, E. N. (2005). The In-session self-awareness of therapist-trainees:
Hindering or helpful? Journal of Counseling Psychology, 52(3), 443-447.
doi:http://dx.doi.org/10.1037/0022-0167.52.3.443.
Stuart,
G. W. (2013). Principles and Practice of Psychiatric Nursing (10th ed.).
St.Louis: Mosby.
Sutton,
A. (2016). Measuring the effects of self-awareness: Construction of the
self-awareness outcomes questionnaire. Europe's Journal of Psychology,
12(4).645-658. doi:https://doi.org/10.5964/ejop.v12i4.1178.
Townsend,
M. (2014). Psychiatric Nursing: Assessment, Caro Plans, and Medications. (9th
ed.). Philadelphia: F. A. Davis Company.