Biblioterapi I.09254 Hal-17
Definisi
Menggunakan literatur untuk
mengekspresikan perasaan menyelesaikan masalah secara aktif meningkatkan
kemampuan koping atau pengetahuan
Tindakan
Observasi
- Identifikasi kebutuhan emosional kognitif,
perkembangan, dan situasional
- Identifikasi kemampuan membaca
Terapeutik
-
Tetapkan tujuan terapi (mis, perubahan
emosi pengembangan kepribadian pembelajaran perilaku baru
-
Pilih literatur (cerita, puisi, esai, artikel, buku, atau novel) berdasarkan
kemampuan membaca atau sesuai situasi atau Perasaan yang dialami
-
Gunakan gambar dan ilustrasi
-
Diskusikan perasaan yang diungkapkan oleh karakter dalam literatur
-
Diskusikan untuk membandingkan citra, karakter, situasi, atau konsep dalam
literatur dengan situasi yang dialami
-
Fasilitasi mengenali situasi dalam literatur untuk melakukan perubahan perilaku
-
Lanjutkan sesi membaca dengan sesi bermain peran, baik individu maupun kelompok
-
Berikan waktu jeda berapa menit agar pasien dapat merefleksikan materi
bacaannya
Edukasi
-
Jelaskan tujuan dan prosedur biblioterapi
-
Membaca dengan suara yang dapat didengar Jika perlu
-
anjurkan membaca ulang
Kolaborasi
-
konsultasikan dengan pustakawan untuk penelusuran buku atau literatur yang
tepat
Referensi
Boyd, M. A. (2011) Psychiatric
Nursing Contemporary Practice (5 ed.). Philadelphia: Lippincott & wilkins
Cohen, Laura J.Pho, R.H (1994).
Bibliotherapy: A valid treatment modality: Reseerch-Based Practice. Journal Of
Psychosocial Nursing & Mental Health Services, 32 (9), 40-44. Retrieved
from https://search.proquest.com/docview/1024133737?Accountid=17242.
Linqulet R. Snyder M. & Tracy
MP24) complementaryatemative Therapies Nursing (7thed) New York
Springer Puckering Company inc
Towsend, K.S.M. (2009). Biblioterapy: An examination of school corselor’ attitudes and use (Order No. 3390599). Available from proquest Dissertations & Theses Global. (304840945).