Edukasi Penyalahgunaan Zat |
I.12418 Hal 88 |
Definisi
Mengajarkan penceganan penyalahgunaan zat oleh individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat
Tindakan
Observasi
-
Identifikasi pengetahuan mengenai efek zat pada tubuh
-
Identifikasi kemampuan membaca, status kognitif,
psikologis, tingkat kecemasan dan budaya
-
Identifikasi metode pembelajaran yang sesuai (mis, diskusi,
tanya jawab, audio atau visual, metode lisan atau tulisan)
Terapeutik
-
Rencanakan strategi edukasi
-
Jadwalkan waktu dan Intensitas pembelajaran sesuai
kemampuan
-
Sediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan
optimal (mis. di ruang kelas atau ruang terapi yang kosong)
-
Berikan penguatan positif terhadap kemampuan yang didapat
-
Ciptakan edukasi interaktif untuk memicu partisipasi
aktif selama edukasi
Edukasi
-
Jelaskan faktor-faktor penyebab penyalahgunaan zat (mis.
faktor individu, faktor lingkungan keluarga, sekolah, teman sebaya, masyarakat)
-
Jelaskan gejala klinis saat menggunakan zat (mis, jalan
sempoyongan, bicara pelo, apatis, mengantuk, agresif, curiga)
-
Jelaskan efek buruk penyelahgunaan zat pada kesehatan
-
Jelaskan efek buruk penyelahgunaan zat pada sikap dan
perilaku
-
Ajarkan cara menghidari penyelagunaan zat
- Anjurkan mengulang kembali informasi edukasi tentang penyalahgunaan zat
Referensi
Boyd, M.A. (2011). Psychiatric Nursing: Contemporary Practice (5" ed)
Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.
Cadiz, D., O'Neill, C., Butell, S., Epeneter, B., & Basin, B. (2012). A
quasi-experimental evaluation of a substance use awareness educational
intervention for nursing students. Journal of Nursing Education, 51,411-415.
Graham, Antonnette V. et al. (1997). Substance Abuse Education for Clinical
Nurses: A Controlled Study. The Journal of Continuing Education in Nursing.
1997; 28 (5): 217-222.
Stuart, G. W. (2013) Principles ond Practice of Psychiatric Nursing
(10" ed.). StLouis: Mosby.
Townsend. M. (2014). Psychiatric Nursing: Assessment, Care Plans, and
Medications. (9 ed.). Philadelphia: F. A. Davis Company.