Pendampingan Orang Tua Dengan Anak Berkebutuhan Khusus I.10337 Hal-288
Definisi
Memberikan dukungan konsultatif dan sehingga orangtua mampu memfasilitasi
tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus secara optimal.
Tindakan
Observasi
- Identifikasi
penerimaan orang tua/ keluarga terhadap kondisi anak
Terapeutik
- Fasilitasi orang
tua/keluarga untuk mengekpresikan perasaan negatifnya
- Diskusikan bersama
sumber daya orangtua/keluarga
- Rencanakan bersama
kebutuhan anak
- Dukung orang tua
atau keluarga untuk menemukan kelompok pendukung dan pendidikan terpadu maupun
inklusif
- Fasilitasi orang tua
atau keluarga untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan
Edukasi
- Ajarkan orang tua
tentang prinsip normalisasi
- Berikan pembimbingan
(coaching) dalam menyelesaikan masalah perkembangan dan kesehatan anak
Referensi
Horn, M.E., Kang, J. (2012). Supporting Young Children With Multiple
Disabilities: What Do We Know and What Do We Still Need to Leam? Topics Early
Child Spec Educ; 31(4): 241-248. www.ncbi.nlm.nih.gov
Rehm, S.R., Fisher, T.L., Chesla, A.C. (2013). Parental Advocacy Styles for
Special Education Students During Transition to Adulthood. Qual Health
Res;23(10):1377-1387.
Taylor, C. M., & Ralph, S.M. (2003). Nursing Diagnosis Cards (10th ed).
Lippincott Williams & Wilkins.