Edukasi Perawatan Diri |
I.12420 Hal 90 |
Definisi
Mengajarkan pemenuhan kebutuhan kesehatan dasar perawatan diri.
Tindakan
Observasi
-
Identifikasi pengetahuan tentang perawatan diri
-
Identifikasi kemampuan membaca, status kognitif,
psikologis, tingkat kecemasan dan budaya –
-
Identifikasi masalah dan hambatan perawatan diri yang
dialami
-
Identifikasi metode pembelajaran yang sesuai (mis.
diskusi, tanya jawab, penggunaan alat bantu audio atau visual, lisan, tulisan)
Terapeutik
-
Rencanakan strategi edukasi, termasuk tujuan yang
realistis
-
Jadwalkan waktu dan intensitas pembelajaran sesuai
penyakit
-
Sediakan lingkungan yang kondusif pembelajaran optimal
(mis. di ruang kelas atau ruang terapi yang kosong)
-
Ciptakan edukasi interaktif untuk memicu partisipasi
aktif selama edukasi.
-
Berikan penguatan positif terhadap kemampuan yang didapat
Edukasi
-
Ajarkan perawatan diri, praktik perawatan diri, dan
aktivitas kehidupan sehari-hari
-
Anjurkan mendemonstrasikan praktik perawatan diri sesuai
kemampuan
-
Anjurkan mengulang kembali informasi edukasi tentang
perawatan mandiri
Referensi
Stuart, G. W. (2013). Principles and Practice of Psychiatric Nursing (10th
ed.). St.Louis: Mosby.
Townsend, M. (2014). Psychiatric Nursing: Assessment, Care Plans, and
Medications. (9th ed.). Philadelphia: F. A. Davis Company.
White, M. L. (2010). Spirituality and self care: Expanding self-care
deficit nursing theory (Order No. 3433511). Available from Nursing & Allied
Health Database; ProQuest Dissertations & Theses Global; Psychology
Database. (838985588).