Rabu, 21 Desember 2022

Edukasi Program Pengobatan

 

Edukasi Program Pengobatan

I.12441 Hal 104

Definisi

Mengajarkan penggunaan obat secara aman dan efektif.

Tindakan

Observasi

-          Identifikasi pengetahuan tentang pengobatan yang direkomendasikan

-          Identifikasi penggunaan pengobatan tradisional dan kemungkinan efek terhadap pengobatan

Terapeutik

-          Fasilitasi informasi tertulis atau gambar untuk meningkatkan pemahaman

-          Berikan dukungan untuk menjalani program pengobatan dengan baik dan benar

-          Libatkan keluarga untuk memberikan dukungan pada pasien selama pengobatan

Edukasi

-          Jelaskan manfaat dan efek samping pengobatan

-          Jelaskan strategi mengelola efek samping obat

-          Jelaskan cara penyimpanan, pengisian kembali/pembelian kembali, dan pemantauan sisa obat

-          Jelaskan keuangan dan kerugian program pengobatan, jika perlu

-          Informasikan fasilitas kesehatan yang dapat digunakan selama pengobatan

-          Anjurkan memonitor perkembangan keefektifan pengobatan

-          Anjurkan mengkonsumsi obat sesuai indikasi

-          Anjurkan bertanya jika ada sesuatu yang tidak dimengerti sebelum dan sesudah pengobatan dilakukan

-          Ajarkan kemampuan melakukan pengobatan mandiri (self-medication)

 

Referensi

Erien, J. A., Jingler, J., Serata, S. M., Tamres, L. K., Happ. M. B., & Tang, F. (2013). Characterizing caregiver- mediated Medication Management in Patients with Memory Loss. Journal of Gerontological Nursing, 39(4). 30-40.

Leufer, T., & Cleary-Holdforth, J. (2013). Lets do no harm: Medication errors in nursing: Part 1. Nurse Education In Practice, 13(3), 213-216. http://doi.org/10.1016/j.nepr.2013.01.013

Newfield, S. A., Hinz, M. D., Scott-Tilley, D., Sridaromont, K. L., & Maramba. P. J. (2007). Cox's Clinical Applications of Nursing Diagnosis (5th Ed.). F.A. Davis Company.

Sikma, S. K., Young, H., Reinhard, S. C, Munroe, D. J., Catwright, J., & McKenzie, G. (2014). Medication Management Roles in Assisted Living. Journal of Geront, 40(6). 42-54.

Sino, C. G. M., Sietzema, M., Egberts. T. C. G., & Schuurmans, M. J. (2014). Medication management capacity in relation to cognition and self-management skills in older people on polypharmacy. Journal of Nutrition, Health and Aging, 18(1), 44-49. http://doi.org/10.1007/s12603-013-0359-2

Zagar, M., & Baggarty, S. (2010), Simulation-based learning about medication management difficulties of lowvision patients. American Journal of Pharmaceutical Education, 74(8)