Edukasi Program Pengobatan |
I.12441 Hal 104 |
Definisi
Mengajarkan penggunaan obat secara aman dan efektif.
Tindakan
Observasi
-
Identifikasi pengetahuan tentang pengobatan yang
direkomendasikan
-
Identifikasi penggunaan pengobatan tradisional dan
kemungkinan efek terhadap pengobatan
Terapeutik
-
Fasilitasi informasi tertulis atau gambar untuk
meningkatkan pemahaman
-
Berikan dukungan untuk menjalani program pengobatan
dengan baik dan benar
-
Libatkan keluarga untuk memberikan dukungan pada pasien
selama pengobatan
Edukasi
-
Jelaskan manfaat dan efek samping pengobatan
-
Jelaskan strategi mengelola efek samping obat
-
Jelaskan cara penyimpanan, pengisian kembali/pembelian
kembali, dan pemantauan sisa obat
-
Jelaskan keuangan dan kerugian program pengobatan, jika
perlu
-
Informasikan fasilitas kesehatan yang dapat digunakan
selama pengobatan
-
Anjurkan memonitor perkembangan keefektifan pengobatan
-
Anjurkan mengkonsumsi obat sesuai indikasi
-
Anjurkan bertanya jika ada sesuatu yang tidak dimengerti
sebelum dan sesudah pengobatan dilakukan
-
Ajarkan kemampuan melakukan pengobatan mandiri
(self-medication)
Referensi
Erien, J. A., Jingler, J., Serata, S. M., Tamres, L. K., Happ. M. B., &
Tang, F. (2013). Characterizing caregiver- mediated Medication Management in
Patients with Memory Loss. Journal of Gerontological Nursing, 39(4). 30-40.
Leufer, T., & Cleary-Holdforth, J. (2013). Lets do no harm: Medication
errors in nursing: Part 1. Nurse Education In Practice, 13(3), 213-216.
http://doi.org/10.1016/j.nepr.2013.01.013
Newfield, S. A., Hinz, M. D., Scott-Tilley, D., Sridaromont, K. L., &
Maramba. P. J. (2007). Cox's Clinical Applications of Nursing Diagnosis (5th
Ed.). F.A. Davis Company.
Sikma, S. K., Young, H., Reinhard, S. C, Munroe, D. J., Catwright, J.,
& McKenzie, G. (2014). Medication Management Roles in Assisted Living.
Journal of Geront, 40(6). 42-54.
Sino, C. G. M., Sietzema, M., Egberts. T. C. G., & Schuurmans, M. J.
(2014). Medication management capacity in relation to cognition and
self-management skills in older people on polypharmacy. Journal of Nutrition,
Health and Aging, 18(1), 44-49. http://doi.org/10.1007/s12603-013-0359-2
Zagar, M., & Baggarty, S. (2010), Simulation-based learning about
medication management difficulties of lowvision patients. American Journal of
Pharmaceutical Education, 74(8)