Manajemen Program Latihan I.05179 Hal-213
Definisi
Mengidentifikasi dan mengelola aktivitas fisik
yang diprogramkan secara aman dan efektif.
Tindakan
Observasi
-Identifikasi
pengetahuan dan pengalaman aktivitas fisik sebelumnya
-Identifikasi
jenis aktivitas fisik
-Identifikasi
kemampuan pasien beraktivitas
-Monitor
tanda vital sebelum dan setelah latihan
Terapeutik
-Motivasi
untuk memulai/melanjutkan aktivitas fisik
-Motivasi
menjadwalkan program aktivitas fisik dari regular menjadi rutin
-Berikan
reinforcement jika aktivitas sesuai dengan Jadwal yang telah ditentukan bersama
-Libatkan
keluarga dalam merencanakan dan memelihara program aktivitas fisik
Edukasi
-Jelaskan
manfaat aktivitas fisik
-Anjurkan
teknik pernapasan yang tepat selama aktivitas fisik
-Ajarkan
teknik latihan sesuai kemampuan
-Ajarkan
menghindari cedera saat aktivitas fisik
-Ajarkan
latihan pemanasan dan pendinginan yang tepat
Referensi
Chen, M. D. (2011). Effects of Exercise in
Adults with Physical and Cognitive Disabilities-A Meta-Analysis (Doctoral
dissertation, University of Illinois at Chicago).
Duckett, S., & Willcox, S. (2015). The
Australian health care system (No. Ed. 5). Oxford University Press. Kavousi, E.,
Khazaei, Z., Amini, A., Fattahi, E., Panahl, A., Sohrabivala, M., ... &
Goodarzi, E. (2017).
Promoting Behaviors of Healthiness in two
Domains of Physical Activity and Nutrition Statue in High School Students. Int
J Pediatr.
Kumar, Y., & Vibhu, 1. (2016). Yoga-a Key
to Unlock the Secret of All Facets of Healthiness in Modem Time.