Promosi Perkembangan Anak I.10340 Hal-381
Definisi
Meningkatkan
dan memfasilitasi kemampuan orangtua/pengasuh untuk mengoptimalkan perkembangan
motorik kasar, motorik halus, bahasa, kognitif, sosial dan emosional pada anak
usia prasekolah dan usia sekolah.
Tindakan
Observasi
- Identikasi kebutuhan khusus anak dan kemampuan
adaptasi anak
Terapeutik
- Fasilitasi hubungan anak dengan teman sebaya -
- Dukung anak berinteraksi dengan anak lain
- Dukung anak mengekspresikan perasaannya secara
positif
- Dukung anak dalam bermimpi atau berfantasi
sewajarnya
- Dukung partisipasi anak di sekolah, ekstrakurikuler
dan aktivitas komunitas
- Berikan mainan yang sesuai dengan usia anak
- Bernyanyi bersama anak lagu-lagu yang disukai
anak
- Bacakan cerita/dongeng untuk anak
- Diskusikan bersama remaja tujuan dan harapannya
- Sediakan kesempatan dan alat-alat untuk
menggambar, melukis, dan mewarnai
- Sediakan mainan berupa puzzle dan maze
Edukasi
- Jelaskan nama-nama benda obyek yang ada di
lingkungan sekitar
- Ajarkan pengasuh milestones perkembangan dan
prilaku yang dibentuk
- Ajarkan sikap kooperatif, bukan kompetisi
diantara anak
- Ajarkan anak cara meminta bantuan dari anak
lain, jika perlu
- Ajarkan teknik asertif pada anak dan remaja
- Demonstrasikan kegiatan yang meningkatkan
perkembangan pada pengasuh
Kolaborasi
- Rujuk untuk konseling, jika perlu
Referensi
Corkin,
D.. Liggett, L., & Clarke, S. (2011). Care Planning in Children and Young
People's Nursing (1st ed.). USA: Wiley-Blackweli.
Hockenberry,
M. J. and Wilson, D. (2014). Wong's Nursing Care of Infants and Children. St.
Louis: Mosby Elsevier
Stanhope,
M. dan Lancaster, J. (2012). Public Health Nursing: Population - Centered
Health Care in the Community (8 ed). Elsevier Science Health Science Devision.