Selasa, 27 Desember 2022

Promosi Perkembangan Anak

 

Promosi Perkembangan Anak                                                                                           I.10340 Hal-381

Definisi

Meningkatkan dan memfasilitasi kemampuan orangtua/pengasuh untuk mengoptimalkan perkembangan motorik kasar, motorik halus, bahasa, kognitif, sosial dan emosional pada anak usia prasekolah dan usia sekolah.

Tindakan

Observasi

- Identikasi kebutuhan khusus anak dan kemampuan adaptasi anak

Terapeutik

- Fasilitasi hubungan anak dengan teman sebaya -

- Dukung anak berinteraksi dengan anak lain

- Dukung anak mengekspresikan perasaannya secara positif

- Dukung anak dalam bermimpi atau berfantasi sewajarnya

- Dukung partisipasi anak di sekolah, ekstrakurikuler dan aktivitas komunitas

- Berikan mainan yang sesuai dengan usia anak

- Bernyanyi bersama anak lagu-lagu yang disukai anak

- Bacakan cerita/dongeng untuk anak

- Diskusikan bersama remaja tujuan dan harapannya

- Sediakan kesempatan dan alat-alat untuk menggambar, melukis, dan mewarnai

- Sediakan mainan berupa puzzle dan maze

Edukasi

- Jelaskan nama-nama benda obyek yang ada di lingkungan sekitar

- Ajarkan pengasuh milestones perkembangan dan prilaku yang dibentuk

- Ajarkan sikap kooperatif, bukan kompetisi diantara anak

- Ajarkan anak cara meminta bantuan dari anak lain, jika perlu

- Ajarkan teknik asertif pada anak dan remaja

- Demonstrasikan kegiatan yang meningkatkan perkembangan pada pengasuh

Kolaborasi

- Rujuk untuk konseling, jika perlu

 

Referensi

Corkin, D.. Liggett, L., & Clarke, S. (2011). Care Planning in Children and Young People's Nursing (1st ed.). USA: Wiley-Blackweli.

Hockenberry, M. J. and Wilson, D. (2014). Wong's Nursing Care of Infants and Children. St. Louis: Mosby Elsevier

Stanhope, M. dan Lancaster, J. (2012). Public Health Nursing: Population - Centered Health Care in the Community (8 ed). Elsevier Science Health Science Devision.