Promosi Perkembangan Remaja I.10341 Hal-382
Definisi
Meningkatkan
perkembangan fisik, kognitif, sosial dam emosional dari masa anak-anak ke masa
remaja.
Tindakan
Observasi
- Identifikasi tahap perkembangan remaja
Terapeutik
- Sediakan bimbingan dan konseling kesehatan
remaja pada remaja dan keluarga/orang tua/pengasuh
- Tingkatkan personal hygiene dan penampilan diri
- Dukung partisipasi dalam olahraga yang aman
secara teratur
- Faslitasi kemampuan pembuatan keputusan
- Dukung keterampilan komunikasi
- Dukung keterampilan sikap asertif
- Fasilitasi rasa tanggung jawab pada diri dan
orang lain
- Dukung respons anti-kekerasan dalam
menyelesaikan konflik
- Dukung perkembangan dan pertahankan hubungan
sosial
- Dukung aktivitas ekstrakurikuler
Edukasi
- Jelaskan perkembangan normal remaja
- Ajarkan untuk mengenali masalah kesehatan dan
penyimpangan pada masa remaja (mis. anemia, masalah kesehatan gigi, kematangan
seksual abnormal, alkohol, rokok, penyalahgunaan obat-obatan, gangguan citra
tubuh, harga diri rendah) Ajarkan strategi pencegahan penyalahgunaan obat,
alkohol dan rokok
Kolaborasi
- Rujuk untuk konseling atau hipnoterapi jika
perlu
Referensi
Corkin,
D., Liggett, L., & Clarke, S. (2011). Care Planning in Children and Young
People's Nursing (1 ed.). USA: Wiley-Blackwell.
Gage,
D.J., Everett, K.D., Bullock, L. (2006). Integrative Review of Parenting in
Nursing Research. Journal of Nursing Scholarship:38:1, 56-62.Hockenberry, M. J.
and Wilson, D. (2014). Wong's Nursing Care of Infants and Children. St. Louis:
Mosby Elsevier.
Stuart,
G. W. (2013). Principles and Practice of Psychiatric Nursing (10th ed.).
St.Louis: Mosby.