Kamis, 22 Desember 2022

Latihan Memori

 

Latihan Memori                                                                                                               I.06188 Hal-143

Definisi

Mengajarkan kemampuan untuk meningkatkan daya ingat.

Tindakan

Observasi

- Identifikasi masalah yang dialami

- Identifikasi kesalahan terhadap orientasi

- Monitor perilaku dan perubahan memori selama terapi

Terapeutik

- Rencanakan metode mengajar sesuai kemampuan pasien

- Stimulasi memori dengan mengulang pikiran yang terakhir kali diucapkan, jika perlu

- Koreksi kesalahan orientasi

- Fasilitasi mengingat kembali pengalaman masa lalu, jika perlu

- Fasilitasi tugas pembelajaran (mis. mengingat informasi verbal dan gambar)

- Fasilitasi kemampuan konsentrasi (mis. bermain kartu pasangan), jika perlu

- Stimulasi menggunakan memori pada peristiwa yang baru terjadi (mis. bertanya ke mana saja ia pergi akhir-akhir ini), jika perlu

Edukasi

- Jelaskan tujuan dan prosedur latihan

- Ajarkan teknik memori yang tepat (mis. imajinasi visual, perangkat mnemonik, permainan memori, isyarat memori, teknik asosiasi, membuat daftar, komputer, papan nama)

Kolaborasi

- Rujuk pada terapi okupasi, jika perlu

 

Referensi

Berman, A., Snyder, S. & Fradsen, G. (2016). Kozier & Erb's Fundamentals of Nursing (10th ed.). USA: Pearson Education

Hering. A. Rendell, P. G., Rose. N. S., Schnitzspahn, K. M., & Kliegel, M. (2014) Prospective memory training in older adults and its relevance for successful aging. Psychological Research, 78(6) 892-904 doi http://dx.doi.org/10.1007/s00426-014-0566-4.

Linquist, R. Snyder, M. & Tracy M.F(2014) Complementary/Alternative Therapies in Nursing (7th ed.). New York: Springer Publishing Company, Inc.

Wilkinson, JM, Treas, L S Barnett K. & Smith, M. H. (2016) Fundamentals of Nursing (3th ed.). Philadelphia FA Davis Company