Rabu, 21 Desember 2022

Edukasi Penyalahgunaan Alkohol

Edukasi Penyalahgunaan Alkohol

I.12417 Hal 87

Definisi

Mengajarkan adaptasi perilaku pencegahan penyalahgunaan alkohol pada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat

Tindakan

Observasi

-          Identifikasi pengetahuan mengenai efek alkohol pada tubuh

-          Identifikasi kemampuan membaca, status kognitif, psikologis, budaya, dan akses terhadap sumber daya sosial dan keuangan

-          Identifikasi tingkat kecemasan dan kesiapan belajar

-          Identifikasi waktu dan metode pembelajaran yang sesuai (mis. diskusi, tanya jawab, audio atau visual, metode lisan atau tulisan)

Terapeutik

-          Rencanakan strategi edukasi, termasuk tujuan realistis

-          Sediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan optimal (mis. di ruang kelas atau ruang terapi yang kosong)

-          Berikan penguatan positif terhadap kemampuan yang didapat

-          Ciptakan edukasi interaktif untuk memicu partisipasi aktif selama edukasi

Edukasi

-          Jelaskan efek negatif alkohol (mis. kapasitas alkohol terhadap ketergantungan fisiologis dan psikologis, pengaruh terhadap fungsi keluarga, pengaruh terhadap janin)

-          Ajarkan dengan konsep sederhana ke kompleks

-          Anjurkan mengulang kembali informasi edukasi tentang penyalahgunaan alkohol

 

Referensi

Arthur. D. (1998) Alcohol-related problems: a critical review of literature and directions in nurse ecucation. Nurse Education Today. 18(6), 477-487.

Boyd, M. A. (2011). Psychiatric Nursing: Contemporary Practice (5th ed) Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.

Stuart, G. W. (2013) Principles ond Practice of Psychiatric Nursing (10th ed.). StLouis: Mosby.

Townsend. M. (2014). Psychiatric Nursing: Assessment, Care Plans, and Medications. (9 ed.). Philadelphia: F. A. Davis Company.