Edukasi Penyalahgunaan Alkohol |
I.12417 Hal 87 |
Definisi
Mengajarkan adaptasi perilaku pencegahan penyalahgunaan alkohol pada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat
Tindakan
Observasi
-
Identifikasi pengetahuan mengenai efek alkohol pada tubuh
-
Identifikasi kemampuan membaca, status kognitif,
psikologis, budaya, dan akses terhadap sumber daya sosial dan keuangan
-
Identifikasi tingkat kecemasan dan kesiapan belajar
-
Identifikasi waktu dan metode pembelajaran yang sesuai
(mis. diskusi, tanya jawab, audio atau visual, metode lisan atau tulisan)
Terapeutik
-
Rencanakan strategi edukasi, termasuk tujuan realistis
-
Sediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan
optimal (mis. di ruang kelas atau ruang terapi yang kosong)
-
Berikan penguatan positif terhadap kemampuan yang didapat
-
Ciptakan edukasi interaktif untuk memicu partisipasi
aktif selama edukasi
Edukasi
-
Jelaskan efek negatif alkohol (mis. kapasitas alkohol
terhadap ketergantungan fisiologis dan psikologis, pengaruh terhadap fungsi keluarga,
pengaruh terhadap janin)
-
Ajarkan dengan konsep sederhana ke kompleks
-
Anjurkan mengulang kembali informasi edukasi tentang
penyalahgunaan alkohol
Referensi
Arthur. D. (1998) Alcohol-related problems: a critical review of literature
and directions in nurse ecucation. Nurse Education Today. 18(6), 477-487.
Boyd, M. A. (2011). Psychiatric Nursing: Contemporary Practice (5th ed)
Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.
Stuart, G. W. (2013) Principles ond Practice of Psychiatric Nursing (10th
ed.). StLouis: Mosby.
Townsend. M. (2014). Psychiatric Nursing: Assessment, Care Plans, and
Medications. (9 ed.). Philadelphia: F. A. Davis Company.