Kamis, 29 Desember 2022

Triase Telepon

 

Triase Telepon                                                                                                                  1.14590 Hal-447

Definisi

Menentukan sifat dan urgensi masalah dan memberikan arahan singkat tentang perawatan yang diperlukan melalui telepon.

Tindakan

Observasi

- Tanyakan tujuan panggilan (mis. kondisi, gejala, diagnosis medis, riwayat kesehatan masa lalu, dan pengobatan saat ini)

- Tanyakan tentang keluhan/gejala yang dialami

Terapeutik

- Perkenalkan diri sebelumnya dengan menyebutkan nama, jabatan dan istansi, sebutkan panggilan sedang direkam

- Tunjukkan keinginan membantu (mis. "Bagaimana saya dapat membantu?") Bicaralah langsung dengan pasien, jika memungkinkan

- Gunakan panduan standar prosedur operasional dalam memprioritaskan masalah

- Prioritaskan masalah berdasrkan kondisi yang paling mengancam

- Berikan petunjuk pertolongan pertama atau petunjuk kegawatan (mis. Instruksi RJP atau persalinan), sesuai standar operasional prosedur

- Berikan arahan yang jelas untuk transportasi ke rumah sakit, jika perlu

- Berikan pilihan rujukan dan/atau intervensi

- Dokumentasikan setiap penilaian, saran, Instruksi, atau informasi lain yang diberikan kepada pasien, sesuai dengan standar prosedur operasional

Edukasi

- Informasikan tentang agen pengobatan dan perawatan diri

 

Referensi

Derr, P., McEvoy, M., & Tardiff, J. (2014). Emergency & Critical Care (8th ed.) USA: Jones & Barlett Learning.

ENA (2007) Emergency Nursing Core Curriculum (6th ed) USA: Sauders Elsevier.

Graves.I., & Porter, K. (2007), Oxford Handbook of Pre-Hospital Care. New York: Oxford University Press.