Promosi Literasi Kesehatan I.12471 Hal-378
Definisi
Meningkatkan
kesehatan individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat untuk mendapatkan,
mengelola dan memahami informasi terkait dengan kesehatan.
Tindakan
Observasi
- Identifikasi status literasi kesehatan pada
kontak perdana
- Identifikasi gaya belajar pasien
Terapeutik
- Ciptakan lingkungan yang mendukung agar pasien
tidak merasa malu dan/atau terstigmatisasi
- Gunakan teknik komunikasi yang tepat dan jelas
- Gunakan bahasa yang mudah dimengerti
- Gunakan bahasa yang sederhana
- Gunakan teknik komunikasi yang memperhatikan
aspek budaya, usia dan gender
- Sediakan penerjemah, jika perlu
- Persiapkan informasi-informasi yang akan
diberikan baik secara verbal maupun non verbal
- Gunakan strategi yang tepat dalam penyampaian
informasi
- Gunakan beberapa macam alat untuk berkomunikasi
- Fasilitasi untuk bertanya dan mengklarifikasi
informasi yang belum jelas
Edukasi
- Anjurkan bertanya jika terdapat informasi yang
kurang jelas
Referensi
Al Sayah,
F.,Majumdar, S. R., Williams, B., Robertson, S., & Johnson, J. A. (2013).
Health Literacy and Healt Outcomes in Diabetes: A Systematic Review. Journal of
General Intemal Medicine, 28(3), 444-457
https://doi.org/10.1007/s11606-012-2241-z.
Baker, D.
W. (2006). The meaning and the measure of health literacy. Journal of General
Internal Medicin 21(8), 878-883. https://doi.org/10.1111/j.1525-1497.2006.00540.x.
Frisch,
A.-L., Camerini, L, Diviani, N., & Schulz, P. J. (2012). Defining and
measuring health literacy: how can we profit from other literacy domains?
Health Promotion International, 27(1), 117-126.
McCormack,
L., Bann, C., Squiers, L., Berkman, N. D., Squire, C., Schillinger, D., ...
Hibbard, J. (2010). Measuring Health Literacy. A Pilot Study of a New
Skills-Based Instrument. Journal of Health Communication, 15(sup2), 51-71.