Terapi Remedial l.10347 Hal-437
Definisi
Menggunakan
penyesuaian teknik pembelajaran dan terapi anak berdasarkan gaya dan
ketertarikan anak yang mengalami kesulitan dalam menguasai kemampuan berpikir
secara optimal dan kemampuan logika dasar.
Tindakan
Observasi
- Identifikasi masalah
spesifik pembelajaran (mis, kesulitan membaca, gangguan dalam sekuen, persepsi
huruf)
- Identifikasi
kemampuan dan ketidakmampuan/kesulitan yang dialami (mis, kemampuan kognitif,
motorik kasar, motorik halus, bahasa dan komunikasi. Interaksi sosial,
kemampuan bina diri penglihatan, pendengaran, dan otot-otot mulut)
- Identifikasi
kebutuhan akademik dan non-akademik
Terapeutik
- Rencanakan metode
yang digunakan dengan mengkombinasi metode stimulus visual dan pembelajaran
yang menggunakan alat bantu sebagai media pengajaran mis kartu angka, menyusun
benda berdasarkan warna dan ukuran, menyusun balok.
- Siapkan alat bantu
pembelajaran (mis gambar, poster-poster, bola, mainan balok)
- Berikan pertanyaan
pelajaran yang sudah diberikan
- Sampaikan materi
agar mudah dipahami
- Rangkum pelajaran
yang telah diberikan bersama-sama dengan murid/siswa
- Berikan tugas untuk
dievaluasi
- Berikan satu tugas
pada satu waktu
- Gunakan metode
komunikasi yang menstimulasi indera (mis. mengetik)
- Buat rutinitas
terstruktur yang dapat diselesaikan anak
- Hindari berfokus
pada hal yang tidak bisa dilakukan, tapi pada kemampuan yang dapat dilakukan
Edukasi
- Jelaskan tujuan dan
prosedur terapi remedial
- Anjurkan menghindari
selalu mengikuti kemauan anak
- Anjurkan menghindari
multitasking
Referensi
Bastable S B
(2008) Nurse as educator Principles of teaching and learning for nursing
practice. Sudbury, Mass: Jones and Bartlett
Givon S&
Court, D. (2010) Coping strategies of high school students with learning
disabilities a longitudinal qualitative study & grounded theory
International Journal of Qualitative Studies in Education, 23 3
Linquest R
Snyder, M. & Tracy MF (2014) Complementary/Alternative Therapies in Nursing
(7th ed.). New York Springer Publishing Company, Inc.