Kamis, 29 Desember 2022

Terapi Remedial

 

Terapi Remedial                                                                                                                l.10347 Hal-437

Definisi

Menggunakan penyesuaian teknik pembelajaran dan terapi anak berdasarkan gaya dan ketertarikan anak yang mengalami kesulitan dalam menguasai kemampuan berpikir secara optimal dan kemampuan logika dasar.

Tindakan

Observasi

- Identifikasi masalah spesifik pembelajaran (mis, kesulitan membaca, gangguan dalam sekuen, persepsi huruf)

- Identifikasi kemampuan dan ketidakmampuan/kesulitan yang dialami (mis, kemampuan kognitif, motorik kasar, motorik halus, bahasa dan komunikasi. Interaksi sosial, kemampuan bina diri penglihatan, pendengaran, dan otot-otot mulut)

- Identifikasi kebutuhan akademik dan non-akademik

Terapeutik

- Rencanakan metode yang digunakan dengan mengkombinasi metode stimulus visual dan pembelajaran yang menggunakan alat bantu sebagai media pengajaran mis kartu angka, menyusun benda berdasarkan warna dan ukuran, menyusun balok.

- Siapkan alat bantu pembelajaran (mis gambar, poster-poster, bola, mainan balok)

- Berikan pertanyaan pelajaran yang sudah diberikan

- Sampaikan materi agar mudah dipahami

- Rangkum pelajaran yang telah diberikan bersama-sama dengan murid/siswa

- Berikan tugas untuk dievaluasi

- Berikan satu tugas pada satu waktu

- Gunakan metode komunikasi yang menstimulasi indera (mis. mengetik)

- Buat rutinitas terstruktur yang dapat diselesaikan anak

- Hindari berfokus pada hal yang tidak bisa dilakukan, tapi pada kemampuan yang dapat dilakukan

Edukasi

- Jelaskan tujuan dan prosedur terapi remedial

- Anjurkan menghindari selalu mengikuti kemauan anak

- Anjurkan menghindari multitasking

 

Referensi

Bastable S B (2008) Nurse as educator Principles of teaching and learning for nursing practice. Sudbury, Mass: Jones and Bartlett

Givon S& Court, D. (2010) Coping strategies of high school students with learning disabilities a longitudinal qualitative study & grounded theory International Journal of Qualitative Studies in Education, 23 3

Linquest R Snyder, M. & Tracy MF (2014) Complementary/Alternative Therapies in Nursing (7th ed.). New York Springer Publishing Company, Inc.