Minggu, 08 Januari 2023

Diskusi Kelompok Terarah

 

Diskusi Kelompok Terarah                                                                                                                               I.09255 Hal-21

Definisi

Melakukan diskusi semi terstruktur untuk mengidentifikasi suatu masalah dalam kelompok

Tindakan

Observasi

- Identifikasi kebutuhan diskusi kelompok terarah

- Identifikasi peserta diskusi

- Catat pemikiran atau ide yang muncul dalam diskusi

Terapeutik

- Atur ruangan dengan suasana nyaman rancang posisi tempat duduk

- Persiapkan alat (mis. sistem audio, perekam, media tulis) m

- Lakukan orientasi kelompok : salam, peserta diminta memberikan nama dan informasi data diri

- Lakukan kontrak waktu

- Sampaikan diskusi akan direkam

- Arahkan pertanyaan sesuai tujuan dan hindari pertanyaan yang tidak ada relevan

- Berikan kesempatan semua peserta untuk berpartisipasi selama diskusi

- Motivas interaksi peserta untuk berbicara satu sama lain, tidak harus ke fasilitator

- Motivasi peserta yang enggan berbicara

- Batasi peserta yang mendominasi diskusi melalui isyarat verbal dan nonverbal

- Tunjukkan sikap mendengar aktif agar menjadi model perilaku bagi peserta

- Lakukan eksplorasi mendalam tanpa mengarahkan peserta

- Sampaikan ringkasan secara verbal

- Berikan umpan balik diskusi berupa analisis dan laporan

Edukasi

- Jelaskan tujuan dan prosedur fgd

- informasikan topik yang akan didiskusikan

 

Referensi

Escalada, M., & Heong, K.L. (2009). Guideline how to conduct focus group discussion: Guide line manual for Novice researchers.

Mousavi-Ouri, A. (2016). Focus Group Discussion: A Method Of Problem Solving In Nursing. Strides Dev Med Educ,13(3).

Ressel, L. B., Gunida, D. M. R., & Gonzalez, R. M. B. (2016). Focus Group As A Method Of Data CCollectio In Nursing Research: An Experiential Report, Intomational Journal Of Qualitative Methods, 1, (2).

Walsh, T. R., Irwin, D. E., Meler, A., Varni, J. W., & Dewalt, D. A. (2008). The Use Of Focus Groups In The Development Of The PROMIS Pediatrics Item Bank. Quality Of Life Rassarch: An International Journal Of Quality Of Life Aspects Of Treatment, Care And Rehabilitation, 17(5), 725-735.

Bradbury-Jones, C., Sambrook, S, Irvine F. (2009). The phenomenological focus group: an oxymoron?.J.AdvNurs, 65(3):663-71. Doi: 10.1111/j.1365-2648.2008.04922.x.