Diskusi Kelompok Terarah I.09255 Hal-21
Definisi
Melakukan diskusi semi
terstruktur untuk mengidentifikasi suatu masalah dalam kelompok
Tindakan
Observasi
-
Identifikasi kebutuhan diskusi kelompok terarah
-
Identifikasi peserta diskusi
-
Catat pemikiran atau ide yang muncul dalam diskusi
Terapeutik
-
Atur ruangan dengan suasana nyaman rancang posisi tempat duduk
-
Persiapkan alat (mis. sistem audio, perekam, media tulis) m
-
Lakukan orientasi kelompok : salam, peserta diminta memberikan nama dan
informasi data diri
-
Lakukan kontrak waktu
-
Sampaikan diskusi akan direkam
-
Arahkan pertanyaan sesuai tujuan dan hindari pertanyaan yang tidak ada relevan
-
Berikan kesempatan semua peserta untuk berpartisipasi selama diskusi
-
Motivas interaksi peserta untuk berbicara satu sama lain, tidak harus ke
fasilitator
-
Motivasi peserta yang enggan berbicara
-
Batasi peserta yang mendominasi diskusi melalui isyarat verbal dan nonverbal
-
Tunjukkan sikap mendengar aktif agar menjadi model perilaku bagi peserta
-
Lakukan eksplorasi mendalam tanpa mengarahkan peserta
-
Sampaikan ringkasan secara verbal
-
Berikan umpan balik diskusi berupa analisis dan laporan
Edukasi
-
Jelaskan tujuan dan prosedur fgd
-
informasikan topik yang akan didiskusikan
Referensi
Escalada, M., & Heong, K.L.
(2009). Guideline how to conduct focus group discussion: Guide line manual for
Novice researchers.
Mousavi-Ouri, A. (2016). Focus
Group Discussion: A Method Of Problem Solving In Nursing. Strides Dev Med
Educ,13(3).
Ressel, L. B., Gunida, D. M. R.,
& Gonzalez, R. M. B. (2016). Focus Group As A Method Of Data CCollectio In
Nursing Research: An Experiential Report, Intomational Journal Of Qualitative
Methods, 1, (2).
Walsh, T. R., Irwin, D. E., Meler,
A., Varni, J. W., & Dewalt, D. A. (2008). The Use Of Focus Groups In The
Development Of The PROMIS Pediatrics Item Bank. Quality Of Life Rassarch: An
International Journal Of Quality Of Life Aspects Of Treatment, Care And
Rehabilitation, 17(5), 725-735.
Bradbury-Jones, C., Sambrook, S,
Irvine F. (2009). The phenomenological focus group: an oxymoron?.J.AdvNurs,
65(3):663-71. Doi: 10.1111/j.1365-2648.2008.04922.x.