Penentuan Tujuan Bersama I.12464 Hal-290
Definisi
Mengidentifikasi, menyusun dan memprioritaskan tujuan perawatan bersama
dengan pasien sebagai dasar untuk mengembangkan rencana perawatan.
Tindakan
Observasi
- Identifikasi tujuan-tujuan
yang akan dicapai
- Identifikasi cara
mencapai tujuan secara konstruktif
Terapeutik
- Nyatakan tujuan
dengan kalimat positif dan jelas
- Tetapkan skala
pencapaian tujuan, jika perlu
- Fasilitasi memecah
tujuan kompleks menjadi langkah kecil yang mudah dilakukan
- Berikan batasan pada
peran perawat dan pasien secara jelas
- Diskusikan sumber
daya yang ada untuk memenuhi tujuan
- Diskusikan
pengembangan rencana untuk memenuhi tujuan
- Prioritaskan
aktivitas yang dapat membantu pencapaian tujuan
- Fasilitasi dalam
mengidentifikasi hasil yang diharapkan untuk setiap tujuan
- Tetapkan batas waktu
yang realistis
- Diskusikan indikator
pengukuran untuk setiap tujuan (mis. perilaku)
- Tetapkan evaluasi
secara periodik untuk menilai kemajuan sesuai
- tujuan Hitung skor
pencapaian tujuan
- Modifikasi rencana
jika tujuan tidak tercapai
Edukasi
- Ajurkan mengenal
masalah yang dialami
- Anjurkan mengembangkan harapan realistis
- Anjurkan
mengidentifikasi kekuatan dan kemampuan sendiri
- Anjurkan
mengidentifikasi nilai dan sistem kepercayaan saat menetapkan tujuan
- Anjurkan mengidentifikasi tujuan realistis dan
dapat dicapai
Referensi
Cheng, L.S.W. (2012). The effects of mutual goal setting on the outcomes of
care of the patients in the community. The Hong Kong Polytechnic University.
Meyerson K.L., & Kline, K.S. (2008). Qualitative analysis of a mutual
goal-setting intervention in participants with heart failure. Hoart Lung,
38(1), 1-9.
Scott LD, Setter-Kline K, Britton AS. (2004). The effects of nursing
interventions to enhance mental health and quality of life among individuals
with heart failure. Appl Nurs Res, 17(4), 248-56.
Watson, S. V (2000). The Effect of Mutual Goal Setting on Understanding the
Diagnosis of Heart Failure in Adults. Masters Thoses. 599. http://scholarworks.gvsu.edu/theses/599