Senin, 26 Desember 2022

Perawatan Perkembangan

 

Perawatan Perkembangan                                                                                                  I.10339 Hal-338

Definisi                                                                                                                                                         

Mengidentifikasi dan merawat untuk memfasilitasi perkembangan yang optimal pada aspek motorik halus, motorik kasar, bahasa, kognitif, sosial, emosional di tiap tahapan usia anak.

Tindakan

Observasi

- Identifikasi pencapaian tugas perkembangan anak

- Identifikasi isyarat perilaku dan fisiologis yang ditunjukkan bayi (mis. lapar, tidak nyaman)

Terapeutik

- Pertahankan sentuhan seminimal mungkin pada bayi prematur

- Berikan sentuhan yang bersifat gentle dan tidak ragu-ragu

- Minimalkannyeri

- Minimalkan kebisingan ruangan

- Pertahankan lingkungan yang mendukung perkembangan optimal

- Motivasi anak berinteraksi dengan anak lain

- Sediakan aktivitas yang memotivasi anak berinteraksi dengan anak lainnya

- Fasilitasi anak barbagi dan bergantian/bergilir

- Dukung anak mengekspresikan diri melalui penghargaan positif atau umpan balik atas usahanya

- Pertahankan kenyamanan anak

- Fasilitasi anak melatih keterampilan pemenuhan kebutuhan secara mandiri (mis. makan, sikat gigi, cuci tangan, memakai baju)

- Bernyanyi bersama anak lagu-lagu yang disukai

- Bacakan cerita atau dongeng

- Dukung partisipasi anak di sekolah, ekstrakurikuler dan aktivitas komunitas

Edukasi

- Jelaskan orang tua dan/atau pengasuh tentang milestone perkembangan anak dan perilaku anak

- Anjurkan orang tua menyentuh dan menggendong bayinya

- Anjurkan orang tua berinteraksi dengan anaknya

- Ajarkan anak keterampilan berinteraksi

- Ajarkan anak teknik asertif

Kolaborasi

- Rujuk untuk konseling, jika perlu

 

Referensi

Corkin, D., Liggett, L., & Clarke, S. (2011). Care Planning in Children and Young People's Nursing (1st ed.). USA: Wiley-Blackwell.

Hockenberry, M. J. and Wilson, D. (2014). Wong's Nursing Care of Infants and Children. St. Louis: Mosby Elsevier.

Allimier, L., & Phillips, R. M. (2013). Newborn & Infant nursing reviews the neonatal integrative developmental care model: Seven neuroprotective core measures for family-centered developmental care. Newbom & Infant Nursing Reviews, 13, 9-22.

Gage, D.J., Everett, K.D., Bullock, L. (2006). Integrative Review of Parenting in Nursing Research. Journal of Nursing Scholarship:38:1, 56-62.