Perawatan Perkembangan I.10339 Hal-338
Definisi
Mengidentifikasi dan merawat untuk memfasilitasi
perkembangan yang optimal pada aspek motorik halus, motorik kasar, bahasa,
kognitif, sosial, emosional di tiap tahapan usia anak.
Tindakan
Observasi
- Identifikasi
pencapaian tugas perkembangan anak
- Identifikasi
isyarat perilaku dan fisiologis yang ditunjukkan bayi (mis. lapar, tidak
nyaman)
Terapeutik
- Pertahankan
sentuhan seminimal mungkin pada bayi prematur
- Berikan
sentuhan yang bersifat gentle dan tidak ragu-ragu
- Minimalkannyeri
- Minimalkan
kebisingan ruangan
- Pertahankan
lingkungan yang mendukung perkembangan optimal
- Motivasi
anak berinteraksi dengan anak lain
- Sediakan
aktivitas yang memotivasi anak berinteraksi dengan anak lainnya
- Fasilitasi
anak barbagi dan bergantian/bergilir
- Dukung anak
mengekspresikan diri melalui penghargaan positif atau umpan balik atas usahanya
- Pertahankan
kenyamanan anak
- Fasilitasi
anak melatih keterampilan pemenuhan kebutuhan secara mandiri (mis. makan, sikat
gigi, cuci tangan, memakai baju)
- Bernyanyi
bersama anak lagu-lagu yang disukai
- Bacakan
cerita atau dongeng
- Dukung
partisipasi anak di sekolah, ekstrakurikuler dan aktivitas komunitas
Edukasi
- Jelaskan
orang tua dan/atau pengasuh tentang milestone perkembangan anak dan perilaku
anak
- Anjurkan
orang tua menyentuh dan menggendong bayinya
- Anjurkan
orang tua berinteraksi dengan anaknya
- Ajarkan anak
keterampilan berinteraksi
- Ajarkan anak
teknik asertif
Kolaborasi
- Rujuk untuk
konseling, jika perlu
Referensi
Corkin, D., Liggett, L., & Clarke, S. (2011). Care
Planning in Children and Young People's Nursing (1st ed.). USA:
Wiley-Blackwell.
Hockenberry, M. J. and Wilson, D. (2014). Wong's Nursing
Care of Infants and Children. St. Louis: Mosby Elsevier.
Allimier, L., & Phillips, R. M. (2013). Newborn &
Infant nursing reviews the neonatal integrative developmental care model: Seven
neuroprotective core measures for family-centered developmental care. Newbom
& Infant Nursing Reviews, 13, 9-22.
Gage, D.J., Everett, K.D., Bullock, L. (2006). Integrative
Review of Parenting in Nursing Research. Journal of Nursing Scholarship:38:1,
56-62.