Rabu, 21 Desember 2022

Edukasi Keterampilan Psikomotor

 

Edukasi Keterampilan Psikomotor

I.12386 Hal 66

Definisi

Memberikan informasi dan dukungan untuk melakukan keterampilan psikomotor.

Tindakan

Observasi

-          Identifikasi kebutuhan, kesiapan, kemampuan belajar

-          Monitor kemampuan yang telah dicapai

Terapeutik

-          Tentukan metodologi pengajaran yang sesuai dengan usia, kemampuan dan kebutuhan

-          Ciptakan lingkungan yang mendukung

-           Berikan petunjuk langkah demi langkah yang jelas

-          Sedikan waktu untuk sesi latihan dan beri jeda istirahat untuk menghindari kelelahan

-          Berikan umpan balik positif atas pencapaian

-          Berikan informasi dalam bentuk tertulis (mis. gambar, diagram), jika perlu

-          Libatkan keluarga

Edukasi

-          Anjurkan melakukan keterampilan satu demi satu

-          Bimbing mengikuti tahapan gerakan yang sesuai

-          Ajarkan keterampilan psikomotor

Referensi

Berman, A., Snyder. S. & Fradsen, G. (2016). Kozier & Erb's Fundamentals of Nursing (10th ed.). USA: Pearson Education

Dougherty, L. & Lister. S. (2015). Manual of Clinical Nursing Procedures (9" ed.). UK: The Royal Marsden NHS Foundation Trust.

Hockenberry, Marilyn J, Wilson, David. (2014). Wong's Nursing Care of Infants and Chidren. Elsivier Health Sciences.

Perry, A.G. & Potter, P.A. (2014). Nursing Skills & Procedures (8th ed.). St Louis: Mosby Elsevier

Wilkinson, J. M., Treas, L. S., Barnett K. & Smith, M. H. (2016). Fundamentals of Nursing (3" ed.). Philadelphia: F.A.Davis Company.