Edukasi Keterampilan Psikomotor |
I.12386 Hal 66 |
Definisi
Memberikan informasi dan dukungan untuk melakukan keterampilan psikomotor.
Tindakan
Observasi
-
Identifikasi kebutuhan, kesiapan, kemampuan belajar
-
Monitor kemampuan yang telah dicapai
Terapeutik
-
Tentukan metodologi pengajaran yang sesuai dengan usia,
kemampuan dan kebutuhan
-
Ciptakan lingkungan yang mendukung
-
Berikan petunjuk
langkah demi langkah yang jelas
-
Sedikan waktu untuk sesi latihan dan beri jeda istirahat
untuk menghindari kelelahan
-
Berikan umpan balik positif atas pencapaian
-
Berikan informasi dalam bentuk tertulis (mis. gambar,
diagram), jika perlu
-
Libatkan keluarga
Edukasi
-
Anjurkan melakukan keterampilan satu demi satu
-
Bimbing mengikuti tahapan gerakan yang sesuai
-
Ajarkan keterampilan psikomotor
Referensi
Berman, A., Snyder. S. & Fradsen, G. (2016). Kozier & Erb's
Fundamentals of Nursing (10th ed.). USA: Pearson Education
Dougherty, L. & Lister. S. (2015). Manual of Clinical Nursing
Procedures (9" ed.). UK: The Royal Marsden NHS Foundation Trust.
Hockenberry, Marilyn J, Wilson, David. (2014). Wong's Nursing Care of
Infants and Chidren. Elsivier Health Sciences.
Perry, A.G. & Potter, P.A. (2014). Nursing Skills & Procedures (8th
ed.). St Louis: Mosby Elsevier