Edukasi Terapi Cairan I.12455 Hal-113
Definisi
Memberikan
informasi pada pasien untuk mencapai keseimbangaan cairan tubuh
Tindakan
Observasi
- Identifikasi
kesiapan dan kemampuan menerima kondisi
Terapeutik
- Sediakan materi
dan media pendidikan kesehatan
- Jadwalkan
pendidikan kesehatan sesuai kesepakatan
- Berikan
kesempatan untuk bertanya
Edukasi
- Jelaskan
pentingnya cairan bagi tubuh
- Jelaskan jenis dan
fungsi cairan dalam tubuh
- Jelaskan
komposisi dan distribusi cairan tubuh
- Jelaskan masalah
yang timbul jika tubuh kekurangan atau kelebihan cairan
- Jelaskan
pemberian terapi cairan dengan melihat indikator hemodinamik (mis. CO, MAP, PP,
SBP.SV), Jika tersedia
- Ajarkan mengatasi
masalah kekurangan atau kelebihan cairan secara mandiri
- Ajarkan
penghitungan cairan sesuai dengan kebutuhan tubuh
- Ajarkan pemberian
cairan dengan melihat indikator hemodinamik
Referensi
Berman, A., Snyder.
S. & Fradsen, G. (2016), Kozier & Erb's Fundamentals of Nursing (10th
ed.). USA: Pearson Education
Bridges,
Elizabeth (2013) Using Functional Hemodynamic Indicator to Guide Fluid Therapy.
AJN, 113,5.
Crawford. Ann.,
Harris, Helena (2011). IV Fluid: What Nurses need to know. Lippincot Williams
and Wilkins
Dougherty, L.
& Lister. S. (2015), Manual of Clinical Nursing Procedures (9th ed.).
UK: The Royal Marsden NHS Foundation Trust.
Perry, A.G. &
Potter, P.A. (2014). Nursing Skills & Procedures (8th ed.). St
Louis: Mosby Elsevier
Wilkinson, J. M.,
Treas, L. S., Barnett K. & Smith, M. H. (2016). Fundamentals of Nursing
(3" ed.). Philadelphia F.A. Davis Company.