Rabu, 21 Desember 2022

Edukasi Terapi Cairan

 

Edukasi Terapi Cairan                                                                                                 I.12455 Hal-113

Definisi

Memberikan informasi pada pasien untuk mencapai keseimbangaan cairan tubuh

Tindakan

Observasi

- Identifikasi kesiapan dan kemampuan menerima kondisi

Terapeutik

- Sediakan materi dan media pendidikan kesehatan

- Jadwalkan pendidikan kesehatan sesuai kesepakatan

- Berikan kesempatan untuk bertanya

Edukasi

- Jelaskan pentingnya cairan bagi tubuh

- Jelaskan jenis dan fungsi cairan dalam tubuh

- Jelaskan komposisi dan distribusi cairan tubuh

- Jelaskan masalah yang timbul jika tubuh kekurangan atau kelebihan cairan

- Jelaskan pemberian terapi cairan dengan melihat indikator hemodinamik (mis. CO, MAP, PP, SBP.SV), Jika tersedia

- Ajarkan mengatasi masalah kekurangan atau kelebihan cairan secara mandiri

- Ajarkan penghitungan cairan sesuai dengan kebutuhan tubuh

- Ajarkan pemberian cairan dengan melihat indikator hemodinamik

 

Referensi

Berman, A., Snyder. S. & Fradsen, G. (2016), Kozier & Erb's Fundamentals of Nursing (10th ed.). USA:  Pearson Education

Bridges, Elizabeth (2013) Using Functional Hemodynamic Indicator to Guide Fluid Therapy. AJN, 113,5.

Crawford. Ann., Harris, Helena (2011). IV Fluid: What Nurses need to know. Lippincot Williams and Wilkins

Dougherty, L. & Lister. S. (2015), Manual of Clinical Nursing Procedures (9th ed.). UK: The Royal Marsden NHS Foundation Trust.

Perry, A.G. & Potter, P.A. (2014). Nursing Skills & Procedures (8th ed.). St Louis: Mosby Elsevier

Wilkinson, J. M., Treas, L. S., Barnett K. & Smith, M. H. (2016). Fundamentals of Nursing (3" ed.). Philadelphia F.A. Davis Company.